Pembuatan SIM Baru

Cara Membuat SIM C dan SIM A Baru dengan Cepat Hanya 2 Jam Langsung Jadi? Surat Ijin Mengemudi utawa disebut SIM, wajib dimiliki pengendara bermotor, dan salah satu syarat untuk menghindari ditilang Polisi. Dan Syarat utama membuat sim baru [A/C] harus berusia 17 tahun keatasmembuat SIM baru ataupun perpanjang biasanya dilakukan di Polres terdekat.

Berhubung waktu itu SIM C gue abis masa berlakunya dan sudah pindah alamat, jadi mesti bikin SIM barulagi. Kebetulan juga pengen sekalian bikin SIM A. Trus gimana sih cara membuat SIM C dan SIM A baru dengan cepat yang sehari langsung jadi?


\
"Proses Pembuatan SIM C dan SIM A Baru"


Berikut proses pembuatan SIM C+A secara cepat hanya 2 jam langsung jadi yang ane lakukan di Polres Kota Tangerang:

(1) KTP dan Foto Copy KTP
Syarat utama membuat SIM baru adalah adanya KTP [Kartu Tanda Penduduk], yang menyatakan kalo kamu udah berusia diatas 17 tahun. Jadi mesti nyiapin atau membawa KTP beserta foto copy KTP sebanyak 5 Lembar (10 lembar buat SIM C+A).

(2) Uang Biaya Pembuatan SIM Baru
Selain KTP dan Foto copy KTP, hal utama lain yang kamu mesti disiapin adalah \'UANG\' buat bayar biaya pembuatan SIM Baru (perpanjang juga). Untuk harga-nya sih tergantung harga yang berlaku saat ini. Nah, kebetulan gue waktu itu pake jasa, jadi rada mahal..

(3) Memakai Baju Kemeja atau Kaos Berkerah
Kalo mau bikin SIM ke Polres (atau tempat pembuatan SIM), biasanya kamu juga diwajibkan untuk memakai baju Kemeja atau kaos yang berkerah, sebagai syarat saat foto pembuatan SIM (foto di SIM). Walaupun kadang ada juga sih yang udah nyiapin Baju Kemeja disana, tapi usahain pake baju kemeja dari rumah..

(4) Datang ke Polres Terdekat
Setelah 3 syarat diatas lengkap dan udah kamu siapkan, kamu tinggal datang langsung ke Polres terdekat dari rumah kamu atau yang tercantum di alamat KTP kamu. Atau tempat Pembuatan SIM terdekat daerah kamu lah (karna kadang ada yang tidak harus di Polres)..

(5) Bantuan Jasa Pembuatan SIM
Kalo udah nyampe di Polres, biasanya banyak yang nanya dan nawarin jasa pembuatan SIM baru atau pun perpanjang SIM [Calo]. Biar lebih cepet, kamu pake jasa pembuatan SIM aja, atau kamu juga bisa minta bantuan kenalan Polisi. Karena kalo pake cara membuat SIM baru secara resmi terkadang butuh waktu lama dan belum tentu lulus. (Ini yang gue lakukan, pake kenalan Polisi).


(6) Ujian Teori Pembuatan SIM
Setelah kamu make jasa pembuatan SIM (atau kenalan Polisi) dan membayar biaya SIM (tergantung negosiasi dan harga saat ini), kamu disuruh nunggu untuk Ujian Teori (kadang ada yang langsung ke bagian Foto). Gak lama nanti akan dipanggil dan melakukan Ujian Teori deh (biasanya cuma buat formalitas doang, karena pasti LULUS). ~ya iyalah, kan pake calooo..* =))

(7) Pemotretan Foto SIM
Setelah ujian teori selesai, kamu disuruh nunggu lagi panggilan untuk foto SIM. Gak lama kok, nanti kamu bakal dipanggil. Kamu bisa dandan dulu dah (cari toliet buat cuci muka, make bedak, dan sejenisnya). Dan ditempat foto juga disedian sisir + kaca, dan buat yang make kaos disediain baju Kemeja juga. ~seperti yang gue bilang diatas~

(8) SIM Baru Akhirnya Jadi
Setelah sesi pemotretan Foto SIM selesai, kamu akan disuruh nunggu lagi. Gak beberapa lama kemudian (tergantung si calo cepet atau lelet) kamu bakal dipanggil buat ngambil SIM baru yang udah selesai (udah jadi). Nah kalo udah jadi, Trus ya pulang lah. Masa iya mau nginep ?? :))

Ini dia hasil foto SIM C dan SIM A baru punya guee:


Simple kan? Karna waktu itu gue cuma nunggu sekitar 2 jam doang. Waktu itu (tahun 2011) gue mesti bayar sekitar Rp. 900.000,- (sembilan ratus ribu) untuk Dua SIM (SIM A dan SIM C). Dan terakhir gue tau dari adek gue pertengahan 2014 kemaren sekitar 1 juta dua SIM. Jadi sekarang entahlah, tergantung negosiasi aja sih kalo pake Calo.. :)


Nah , itulah seputar cara pembuatan SIM card. ayo buat kalian jangan lupa bikin SIM ya kalau naik kendaraan pribadi karena itu ada di Undanga-undangannya dari pada nanti kena TILANG Loh...

Demikian ulasan kesempatan kepada sahabat Jetplays semuanya jangan lupa Beli Pulsa, Paket Data, Token Listrik & Vocuher Game di jetpulsa.com ya !! harga murah & terpercaya.

Terima kasih.